10 Tips Meningkatkan Pertumbuhan Perusahaan Rintisan dengan Cepat
Pertumbuhan perusahaan rintisan atau startup bisa berjalan dengan cepat apabila menerapkan tips ini.
  Dakota 42
 Dec 28, 2018

Saat ini, banyak muncul beragam perusahaan rintisan atau yang biasa disebut dengan startup. Pertumbuhan perusahaan ini akan bisa berjalan dengan cepat apabila dijalankan dengan strategi bisnis yang tepat.

Bisnis yang bertumbuh dengan cepat akan memberikan dampak positif dimana mampu meningkatkan jumlah investor. Peningkatan jumlah investor berarti juga akan terjadi peningkatan pada pendanaan perusahaan. Dengan demikian, perusahaan akan dengan mudah dapat melakukan ekspansi bisnisnya.

Langkah utama yang perlu dilakukan saat mendirikan suatu bisnis yaitu menentukan pasar, menentukan produk, dan juga membuat rencana bisnis. Namun, selain itu juga terdapat langkah-langkah lain yang perlu dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan perusahaan start up. Berikut ini langkah-langkah lain yang sangat perlu untuk dilakukan.

 

1. Mencari Partner

Kehadiran partner akan sangat membantu dan menyokong bisnis Anda. Tetapi, Anda juga tidak bisa mencari sembarang partner. Pilihlah partner yang memiliki kesamaan dalam visi dan misi. Sehingga nantinya akan mudah untuk jalan beriringan dalam menjalankan bisnis.

 

2. Bergabunglah Dalam Komunitas Dan Mencari Mentor

Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat bertukar pikiran dengan pebisnis yang lain. Bertukar pikiran inilah salah satu media yang paling mudah untuk mendapatkan ide-ide baru serta masukan dalam mengembangkan bisnis. Selain itu, seorang pebisnis juga membutuhkan seorang mentor. Mentor inilah yang akan membimbing serta memberi masukan ketika pemilik bisnis sedang menghadapi suatu persoalan. Dengan adanya mentor, ritme bisnis biasanya akan berjalan lebih stabil.

 

3. Membentuk Tim Support

Tim support merupakan tim pendukung yang akan membantu menjalankan roda bisnis. Tim ini biasanya terdiri dari akuntan, pengacara, dan bagian keuangan. Dalam membentuk tim support, carilah orang-orang yang bisa diajak kerja sama untuk menjalankan visi misi perusahaan yang telah dibuat. Dengan visi misi kerja yang selaras, maka tujuan perusahaan akan lebih mudah untuk diwujudkan.

 

4. Membuat Tim Kerja

Tim kerja biasanya dibentuk melalui sebuah rekrutmen. Apabila sudah didapatkan orang-orang yang mengisi tim kerja ini, maka segera berikan training atau pelatihan untuk mereka. Pelatihan bertujuan agar mereka merasa siap dan nyaman untuk bekerja. Ketika hal ini sudah didapatkan, maka tidak akan sulit untuk menciptakan sebuah tim yang solid.

 

 

5. Menentukan Cara Agar Memperoleh Investor

Untuk memperoleh investor, biasanya diawali dengan proses pembuatan proposal. Buatlah proposal yang menarik agar para investor tertarik untuk bergabung dengan usaha Anda, sehingga kebutuhan akan pendanaan perusahaan dapat terpenuhi.

 

6. Membuat Brand

Brand merupakan ciri khas suatu produk agar konsumen lebih mudah mengenali dan mengingat produk Anda. Membuat brand juga salah satu cara agar bisnis start up dapat berkembang. Buatlah brand yang mudah dikenal dan diingat namanya oleh konsumen.

 

7. Menciptakan Strategi Pemasaran

Selain bertujuan untuk meningkatkan bisnis, strategi pemasaran juga sangat penting untuk bisa memenuhi dan menjawab segala kebutuhan users. Salah satu kunci utama kesuksesan suatu bisnis adalah terletak pada strategi pemasarannya. Penggunaan strategi yang tepat akan dapat mempercepat perkembangan bisnis Anda.

 

8. Mencari Peralatan Yang Bisa Mendukung Bisnis

Selain Sumber Daya Manusia (SDM), peralatan pendukung juga harus disiapkan dari awal. Peralatan inilah yang akan mendukung proses produksi suatu bisnis. Dukungan peralatan yang lengkap akan semakin memperlancar jalannya bisnis Anda.

 

9. Belajar Menjadi Pemimpin

Pemimpin yang baik adalah dia yang bisa membangun dan menggerakkan kerja tim. Selain itu, pemimpin inilah yang akan memotivasi dan mendorong tim agar dapat bekerja secara optimal.

 

10. Belajar Dari Kesalahan

Apabila terjadi kesalahan dalam menjalankan bisnis, maka janganlah malu ataupun menyesali secara berlebihan. Gunakan kesalahan sebagai media untuk evaluasi dan perbaikan langkah selanjutnya dalam mengembangkan bisnis.


Itulah tips untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis start up dengan cepat. Pengambilan langkah yang tepat akan mempercepat Anda dalam menggapai tujuan yang ditetapkan.

Dakota 42
Contributor & Editor