5 Cara Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja
Agar Anda bisa terus meningkatkan produktivitas kerja maka wajib merealisasikan beberapa tips berikut ini.
  Dakota 42
 Jan 10, 2019

Semua orang memiliki waktu yang sama dalam sehari yaitu 24 jam. Jika Anda merasa sibuk seharian namun belum mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu, Anda bisa dikatakan tidak produktif. Bisa jadi Anda merasa lesu, tidak semangat dan malas mengerjakan tugas atau pekerjaan yang diberikan. 

Jika hal ini terus dibiarkan, produktivitas Anda bakal berkurang hingga berdampak pada hal yang tidak diinginkan seperti pemecatan. Agar Anda bisa terus meningkatkan produktivitas kerja maka wajib merealisasikan beberapa tips berikut ini.

 

1.    Merencanakan detail pekerjaan yang akan dilakukan

Sebaiknya Anda selalu merencanakan segala sesuatu yang akan dilakukan pada hari itu jika ingin memiliki hari yang produktif. Anda bisa menentukan rencana tersebut satu hari sebelumnya hingga membuat rencana lebih signifikan misalnya seminggu atau sebulan mendatang.

 

2.    Membuat estimasi waktu pengerjaan

Pernahkah Anda merencanakan pengerjaan sebuah tugas namun tidak bisa memberikan hasil yang maksimal? Hal ini dipengaruhi oleh keinginan untuk melakukan hal yang lain. Anda yang tidak mampu memanajemen waktu bakal kesulitan memiliki produktivitas kerja positif. Cara meningkatkan semangat Anda dalam bekerja adalah mencari strategi jitu untuk menyelesaikan waktu pengerjaan lebih cepat. 
Misalnya Anda butuh waktu 2 jam untuk melakukan tugas A maka buatlah estimasi waktu lebih cepat misalnya 1,5 jam. Anda pun bisa memanfaatkan setengah jam sisanya untuk hal lain. 

 

3.    Memprioritaskan tugas yang lebih penting

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengerjakan tugas yang Anda prioritaskan. Stamina yang penuh membuat semangat bekerja pun meningkat. Sebaiknya Anda menyelesaikan tugas prioritas pada pagi hari bukan mengerjakan tugas kecil. Jangan menunda pekerjaan sebab Anda bakal merasa kurang produktif saat waktu istirahat tiba. Kondisi tubuh yang lelah membuat produktivitas kerja pun berkurang.

 

 

4.    Menyingkirkan semua yang mengganggu dan memfokuskan pikiran

Salah satu penyebab Anda merasa kurang produktif adalah tidak fokus. Sedangkan penyebab seseorang mengalami kurang konsentrasi adalah membiarkan diri terlena pada gangguan yang ada. Matikan ponsel, hilangkan keinginan mengecek sosial media dan lain-lain saat Anda tengah bekerja. Coba saja melakukan hal ini saat sedang fokus pada proyek tertentu maka Anda bakal mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

 

5.    Menjaga kesehatan secara maksimal

Tubuh yang bugar menjadi salah satu faktor pendukung produktivitas kerja Anda meningkat secara signifikan. Pastikan Anda selalu sarapan termasuk mengkonsumsi jenis makanan yang bergizi. Lakukan olahraga yang teratur agar tubuh selalu terjaga kesehatannya. Kesehatan yang bagus akan mendukung ide serta semangat baru dalam bekerja.

Anda bisa mempraktekkan cara meningkatkan produktivitas kerja tersebut agar bisa meraih prestasi yang lebih gemilang. Konsisten menjadi salah satu kunci merealisasikan tips yang telah disebutkan. Nah, Anda pun siap memiliki karir dan kehidupan yang lebih baik lagi mulai hari ini.

Dakota 42
Contributor & Editor