Menemukan Mitra Bisnis yang Tepat
Memiliki mitra bisnis yang tepat akan memperbesar peluang keberhasilan Anda.
  Dakota 42
 Dec 28, 2018

Bisnis adalah sebuah usaha yang menuntut sistem komunikasi dan jaringan yang luas. Bagi Anda yang mungkin baru saja terjun ke dunia ini, sebaiknya memahami betul kiat menjadi seorang pebisnis ulung. 

Salah satu hal yang akan mendukung kesuksesan Anda dalam mengembangkan sebuah usaha adalah mitra bisnis. Memiliki mitra bisnis yang tepat bakal memperbesar peluang kesuksesan Anda. Beberapa cara menemukan mitra usaha berikut bisa memberikan referensi bagus bagi pemula.

 

1.    Lakukan survey secara mendetail

Memilih seorang partner yang bakal diajak kerja sama tentu tidak semudah membalikkan tangan. Anda wajib mencari informasi terkait kepribadian sang calon mitra. Pastikan mitra Anda memiliki jiwa wirausaha yang mendukung kemajuan usaha bersama. Anda tentu bakal berpikir dua kali jika mengajak seorang pegawai yang lebih suka berada di zona nyaman bekerja sama.

 

2.    Perhatikan sisi pengalaman calon mitra usaha

Jika Anda seorang pemula dalam dunia bisnis, memilih mitra yang sama-sama kurang berpengalaman jelas bukanlah solusi yang baik. Ada baiknya Anda memilih partner yang telah mengenal asam garam dunia usaha. Partner yang berpengalaman akan menularkan banyak ilmu baru yang akan bermanfaat pada kelanjutan usaha Anda.

 

3.    Pilih calon mitra yang memiliki sikap dan mental wirausaha yang baik

Bagaimana jika Anda salah memilih mitra yang sulit diajak bekerja sama? Sulit disini memiliki makna kurang bisa fokus, tidak berani mengambil risiko dan cepat menyerah. Anda harus benar-benar sejalan dengan mitra usaha agar bisa mencapai tujuan dan target bersama.

 

 

4.    Perhatikan sisi finansial calon mitra

Partner usaha yang memiliki finansial mendukung jelas menjadi bahan pertimbangan yang utama. Setidaknya Anda memilih seorang mitra yang memiliki sikap jujur dan solid dalam bekerja sama. 
Bukan berarti mitra yang kurang memiliki finansial mapan bakal memiliki sikap kerja yang buruk. Hanya saja, finansial mendukung seseorang berkarya mencapai target dan kepercayaan konsumen bukan sekadar mengejar omzet.

 

5.    Menguji kualitas sang mitra bisnis

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam menentukan mitra yang diajak membangun usaha bersama. Setidaknya Anda harus memastikan bahwa ada hubungan yang cocok antara diri dengan sang mitra. 

Perhatikan bagaimana cara mitra mencari solusi dari sebuah masalah, keterampilan apa saja yang dimiliki hingga menanggapi ide usaha Anda. Semakin Anda dan mitra memiliki kecocokan baik penyampaian ide atau gagasan baru maka semakin besar pula peluang mencapai kesuksesan bersama.

Beberapa cara menentukan mitra yang bisa diajak kerja sama tersebut mungkin bisa Anda jadikan patokan. Tentu ada banyak kendala yang mungkin saja muncul mengingat hubungan pekerjaan lebih dari dua pikiran kerap menemui jalan buntu. 

Namun, kebesaran rasa tanggung jawab dan berjiwa besar adalah salah satu sikap yang wajib ada dari tiap pengusaha yang melakukan kesepakatan. Sebagai pemula, sudahkah Anda menemukan mitra bisnis yang tepat?

Dakota 42
Contributor & Editor