5 Kesalahan yang Perlu Dihindari dalam Memulai Bisnis
Ada beragam kesalahan yang dilakukan oleh pengusaha yang pada akhirnya menyebabkan kegagalan bisnisnya
  Dakota 42
 Dec 28, 2018

Menjadi seorang pengusaha sukses adalah impian semua orang. Beragam cara akan kita lakukan untuk mendirikan bisnis. Setelah itu kita pasti juga akan mencari beragam strategi agar usaha yang kita dirikan akan berkembang dengan baik. Namun tak jarang juga para pengusaha harus menelan pil pahit kegagalan dalam usaha yang mereka dirikan.

Ada beragam kesalahan yang dilakukan oleh pengusaha yang pada akhirnya menyebabkan kegagalan dalam dunia usaha mereka. Untuk menghindari kegagalan tersebut kita harus bisa mempelajari apa saja yang menyebabkan kegagalan dalam bisnis. Berikut ini beberapa penyebab kegagalan yang bisa kita hindari: 

 

1. Kesalahan dalam memilih bidang

Penyebab kegagalan yang pertama adalah salah dalam memilih usaha yang kita jalankan. Tak jarang banyak pengusaha hanya ikut-ikutan usaha orang lain yang terlihat menguntungkan. Ini merupakan kesalahan yang wajar dilakukan namun sangat fatal untuk kelangsungan bisnis kita. Bisa saja usaha kita tersebut ternyata kalah saing dengan orang yang kita ikuti sehingga menyebabkan kegagalan.


2. Kesalahan mengatur keuangan

Selain itu banyak juga pebisnis yang mengalami kegagalan karena terlalu meremehkan keuangan. Padahal keuangan merupakan modal utama dalam menjalankan bisnis yang lancar. Kesalahan tersebut biasa tidak mengetahui secara detail biaya yang dibutuhkan dalam usahanya. Dan pada akhirnya mereka akan kesulitan mendapatkan modal dan akhirnya gagal dalam mengembangkan usahanya.


3. Salah mempekerjakan orang

Dalam menjalankan sebuah usaha kita juga membutuhkan beberapa pekerja untuk membantu segala keperluan. Kesalahan pengusaha biasanya salah memilih pekerja dan menyebabkan usaha kita tidak bisa berjalan dengan maksimal. Kita harus bisa memilih dan mempekerjakan orang yang benar-benar berkompeten di bidang usaha kita. Ini bertujuan agar dapat terbentuk suatu tim yang kuat dalam menghadapi segala resiko. Sehingga bisnis yang kita dirikan dapat berkembang dengan baik.

 


4. Salah menghadapi pertumbuhan

Nah yang tak kalah pentingnya jika usaha kita sudah mulai berkembang, kita harus mampu mengendalikan dan merespon perkembangan tersebut. Tak jarang pengusaha akan mengalami kegagalan karena salah mengendalikan perkembangan bisnis. Merek akan kebingungan karena pertumbuhan ini belum memiliki rencana ke depan yang matang. Kita harus bisa mengendalikan bagaimana permintaan pelanggan agar tidak merusak siklus dan menyiapkan rencana distribusi yang baru.


5. Meremehkan jasa konsultasi

Dalam memulai usaha tidak selamanya kita akan berjalan sendiri tanpa kritik dan saran dari orang lain. Karena hanya dengan kritik dan saran saja kita dapat mengelola kesalahan dan membuat usaha kita menjadi lebih berkembang. Tapi banyak pengusaha yang terlalu meremehkan kritik dan saran tersebut. Bahkan mereka tidak menggunakan jasa konsultasi yang bisa membuat usahanya menjadi lebih baik lagi. 

Untuk itu terimalah segala kritik dan saran yang ada. Terutama saran dari konsultan yang sangat penting agar bisnis bisa terus berjalan dengan baik.
 

Dakota 42
Contributor & Editor